Rabu, 26 Juli 2017

5 Teknik Ampuh untuk Membuat Keputusan yang Tepat

0


Dalam hidup kamu pasti selalu dihadapkan dengan pilihan. Artinya, kamu harus memilih di antara pilihan yang terpampang di hadapanmu. Sering sekali orang enggak bisa mengambil keputusan. Atau kadang salah mengambil keputusan. Di samping pengambilan keputusan bukan perkara yang mudah, ada beberapa hal yang bisa bikin kamu salah memilih. Faktor dari luar, seperti desakan dan waktu yang mepet juga bisa memengaruhi. Tapi ternyata banyak juga faktor dari dalam dirimu sendiri. Misalnya kondisi yang enggak fit, kamu masih dalam keadaan marah, atau kamu enggak mengerti duduk persoalannya. Untuk itu, sebaiknya kamu menggunakan lima teknik ini agar keputusan yang kamu ambil tepat. 
  1. Kamu harus menguasai persoalannya terlebih dahulu. kamu enggak akan bisa memutuskan sesutu kalau kamu enggak paham duduk persoalannya. Kamu harus tahu apa yang ada di hadapanmu. Supaya kamu tahu, sebaiknya lakukan 'penyelidikan.' Setelah kamu paham, baru kemudian pertimbangkan nilai plus dan minus setiap pilihan. 
  2. Bertanyalah kepada orang yang lebih tahu darimu. Kalau dengan cara di atas belum juga bisa memutuskan, cobalah untuk menanyakan solusi kepada orang yang tepat. Kenapa? Karena apa yang kamu ketahui belum tentu benar. Dan pengetahuanmu juga enggak sebanyak pengetahuan orang lain. Coba tanyakan kepada orang yang kamu nilai lebih berpengalaman. Hati-hati jangan sampai bertanya kepada orang yang salah. 
  3. Kamu harus punya rasa curiga. Informasi yang kamu dapatkandari orang lain, atau dari hasil opencarianmu sendiri jangan langsung kamu 'telan.' Kamu harus menumbuhkan sikap skeptismu. Jangan mudah percaya dengan informasi yang kamu terima. Kalau kamu informasi yang kamu terima salah, dan kamu enggak melakukan pengecekan ulang, keputusan yang kamu ambil juga akan salah. 
  4. Wasapadalah terhadap pilihan yang mengecoh. Semakin sedikit pilihan, akan semakin sulit buatmu untuk mengambil keputusan. Kadang, dua pilihan tersisa sangat tipis bedanya. kerugian dan keuntungannya pun enggak jauh berbeda. Disaat inilah kamu harus memepertajam intuisimu. Jangan sampai kamu terkecoh dengan dua pilihan yang ada di hadapanmu. 
  5. Pelajari segala kemungkinan. Cara yang paling mudah untuk mengambil keputusan di antara dua piliha adalah dengan menganalisa kemungkinan yang akan terjadi. Coba pikirkan kalau kamu memilih X. Apa yang akan terjadi pada karyawanmu. Juga pikirkan apa yang akan terjadi kalau kamu memilih Y. Pertimbangkan baik dan buruknya. Cara ini membantumu memetakan pilihan mana yang punya kemungkinan lebih buruk. Sehingga kamu enggak akan mengambil keputusan yang salah. 
Lima hal di atas kalau kamu lakukan dengan baik akan menuntunmu untuk mengambil keputusan yang tepat. Tapi kamu juga harus ingat karena sebaik apa pun tekniknya, emosi yang stabil akan membantumu lebih mudah untuk mengambil keputusan. Juga pastikan enggak ada tekanan dari pihak luar. Dengan begitu, keputusan yang kamu buat bakalan tepat.


0 komentar:

Posting Komentar